Mari Membaca Al-Qur’an <title> Pendidikan Agama Islam: Mari Membaca Al-Qur’an

Jumat, 24 Januari 2014

Mari Membaca Al-Qur’an

Mari Membaca  Al-Qur’an

Membaca Surah An-Nisa’/4: 146   

 

 

 

 

Kecuali orang-orang yang taubat dan Mengadakan perbaikan[369] dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar.

[369] Mengadakan perbaikan berarti berbuat pekerjaan-pekerjaan yang baik untuk menghilangkan akibat-akibat yang jelek dan kesalahan-kesalahan yang dilakukan. 

Membaca Surah Al-Baqarah 

 

 

 

Hai orang-orang yang beriman, Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu[99], Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

[99] Ada pula yang mengartikan: mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. 

Membaca Surah Ali-Imran/3: 134  

 

 

 

134. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Memahami Hukum Bacaan Nun Sukun/Tanwin) 

Apa bila ada nun sukun/tanwin berhadapan dengan huruf hijaiyyah, ada empat hukum bacaannya, yaitu i«zhar (bacaan jelas), ikhfa (bacaan samar), idgham (bacaan lebur), dan iqlab (bacaan beralih). Secara terperinci dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. Apabila nun sukun/tanwin berhadapan dengan salah satu dari huruf  izhar maka dibaca jelas.

b. Apabila nun sukun/tanwin berhadapan dengan salah satu dari huruf ikhfa dibaca samar.

c. Apabila nun sukun/tanwin berhadapan dengan salah satu dari huruf idhgom tidak dibaca (dilebur ke huruf-huruf tersebut).

d. Apabila nun sukun/tanwin berhadapan dengan huruf: dibaca beralih menjadi m. 

Perhatikan Contoh-contoh  dibawah ini

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

 

 

Mengartikan
a. Arti Surah An-Nisaa'/4: 146

 

 

 

 

 

“Kecuali orang-orang yang taubat dan mengadakan perbaikan dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar (surah an-Nisaa'/4: 146)

Arti Surah Al-Baqarah/2: 153
1) Arti Mufradat (arti kata/kalimat)

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan şalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (Surah al-Baqarah/2: 153)

Arti Surah Ali-Imran/3: 134

Arti mufradat (arti kata/kalimat)



 

  

 

 “(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (Surah ²li-Imran/3:134)

Jika ingin anda Tes Kemampuan silahkan KLIK DI SINI

Bersambung dengan memahami Al Qur'an ...

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar :

Posting Komentar